Tayub Tuban

Penari Tayub
Tayub Tuban merupakan salah satu kesenian tradisional Tuban dan merupakan peninggalan dari budaya leluhur pada zaman kerajaan majapahit yang telah memasyarakat secara turun menurun. Penari Tayub biasanya terdiri dari 2 orang sampai dengan belasan penari.
Para penonton dapat ikut serta menari bersama dengan penari Tayub. Acara akan semakin ramai dan hangat ketika penari Tayub yang disebut sindir menyanyikan gending-gending (lagu) yang sedang berjalan dan digemari oleh penonton, sehingga akan banyak penonton yang turut serta menari dengan gerakan tari yang mereka bisa lakukan.
 
 
Sindir(waranggono) biasanya selalu memenuhi keinginan penonton dengan melantunkan lagu yang diminta. Tarian ini biasanya diselenggarakan untuk memeriahkan acara perrnikahan, khitanan, atau acara keluarga lainnya. Acara berlangung selama sehari atau bahkan sampai dua hari, tergantung pesanan dari penyewa tarian tersebut.
 
Penabuh gamelan kira-kira hampir 20 orang ada penyanyi laki-laki yang di sebut wiro suoro dan ada lagi adalah pramugari bukan pramugari yang selayaknya di pesawat terbang, namun kali ini adalah pramugari di sebuah Tayuban pramugari tugasnya untuk mengatur seorang penari dan pemain gamelan.

Komentar